Caleg bentuk tim investigasi ASN & Pala soal mobilisasi pemilih

Manado – Dugaan mobilisasi pemilih yang dilakukan oknum Apartur Sipil Negara (ASN) di kelurahan dan Kepala Lingkungan (Pala) hangat beredar di tengah masyarakat Kota Manado.

Akan hal itu, salah satu Caleg DPRD Kota Manado dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Singkil-Malanget telah membentuk tim khusus yang bertugas menginvestigasi adanya mobilisasi pemilih.

“Bila tim ini sudah mempunyai bukti kuat, kami akan melaporkannya ke pihak berwajib dan penyelenggara Pemilu,” kata Caleg yang meminta identitasnya dirahasiakan itu.

Dijelaskannya, tim investigasi itu terdiri dari sekelompok masyarakat yang menginginkan terwujudnya Pemilu bermartabat.

“Mereka yang menawarkan ide itu dan kita hanya memfasilitasi kebutuhan tim ini. Keberadaan tim itu menjadi warning bagi ASN dan Pala yang nakal menjelang Pemilu,” tegasnya.

Terkait pembentukan tim investigasi itu mendapatkan dukungan penyelenggara Pemilu dalam hal ini Bawaslu Kota Manado.

“Silahkan semua kalangan berpartisipasi untuk melakukan pencegahan dan pengawasan terkait netralitas ASN. Itu justru ikut membantu suksesnya pemilu yang bersih,” ujar komisioner Bawaslu Manado, Taufik Bilfaqih, selaku koordinator pengawasan, penindakan dan hubungan antar lembaga.

Meski mendapatkan dukungan, Taufik mengingatkan siapa saja untuk tidak bertindak diluar ketentuan perundang-undangan.

“Namun, dalam hal penanganan, diharapkan semua kalangan melapor atau dapat berkoordinasi dengan Bawaslu,” imbaunya. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.