Pengamanan TPS dan Kotak Suara, Kapolres Siagian Harapkan Anggota Personel Pahami Tugas Masing-masing

MINUT, Goldennews – Bertempat di lapangan Sanika Satyawada, Polres Minahasa Utara laksanakan giat simulasi pengamanan Tempat Pengumutan Suara (TPS) dalam rangka kesiapan personel jelang Pemilu 17 April 2019 mendatang, Rabu (20/3/2019).

Pelaksanaan kegiatan simulasi diperankan oleh angota KPPS Tontalete dan personil Polres Minut serta penjelasan dari KPU Minut,

Dalam simulasi ini terlihat pengamanan dan pelayanan yang diberikan oleh angota Polri mulai dari penyerahan logistik Pemilu, pendaftaran, dan pemungutan suara, serta adegan ricuh yang dilakukan pemilih di dalam TPS.

Kapolres Minut AKBP Jefri Siagian SIK mengatakan tujuan dari simulasi ini adalah agar semua personel yang akan mengamankan TPS dan kotak suara memahami tugas masing-masing.

“Saya berharap setiap personil dapat ¬†memaksimalkan tugas masing – masing dan jika terjadi kericuhan diharapkan untuk segera melaporkan ke Polsek terdekat,” harap Siagian.

Ditambahkan Kapolres, keterbatasan jumlah personil yang ada Minut tidak menurunkan semangat namun seberapa personil yang ada dimanfaatkan sedemikian mungkin untuk tetap mengamankan pemilu 2019 nanti.

“Kita waspadai 3 tingkat kerawaan yakni saat pencoblosan, penghitungan suara, dan rekapitulasi. Tidak menutup kemungkinan saat bertugas kita akan berhadapan dengan orang mabuk yang akan memberikan hak memilih” tambah Kapolres.

Sementara itu, mewakili ketua KPU Minut Stella Runtu, komisioner divisi teknis penyelenggara Darul Halim menjelaskan, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan pada pelaksanaan di TPS baik itu pencoblosan maupun penghitungan suara.

“Jika ada tindakan yang mengganggu pemilihan di TPS, seperti pembakaran dan pengerusakan kotak suara, pihak keamanan sudah bisa mengambil tindakan. Kemudian, sesuai kesepakatan kita menghindari adanya intervensi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” tukas Halim.¬†(RK)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.