Satres Narkoba Polres Minut Berhasil Amankan 10,10 Gram Sabu dan Pengedarnya

MINUT, Goldennews – Kepolisian Resor Minahasa Utara dalam hal ini Satres Narkoba, berhasil membekuk tersangka pengedar Narkoba lintas Provinsi berinisial RD alias R.

Dalam Press Release yang digelar di Aula Satya Haprabu, Kamis (21/3/2019), Kapolres Minahasa Utara AKBP Jefri Siagian SIK didampingi Kasat Narkoba AKP Hilman Muthalib SH membeberkan kronologis penangkapan tersangka RD alias R yang bermula dari informasi yang didapat oleh Satres Narkoba, bahwa ada pengedar narkoba yang melakukan aksinya di wilayah Minahasa Utara.

“Ini bermula dari kegiatan penyelidikan yang dilakukan Satuan Narkoba Polres Minahasa Utara, dimulai dari bulan Januari 2019. Jadi, Sat Narkoba ini sudah mendapatkan informasi, bahwa di Minahasa Utara ini, ada pengedar narkoba yang melakukan aksinya di Minahasa Utara. Mendapat informasi itu, Sat Narkoba Polres Minahasa Utara mendalami informasi yang didapat, ternyata informasi itu benar adanya,” beber Kapolres Siagian.

Dijelaskan Kapolres, setelah dipelajari dan didalami model operandinya, ternyata narkoba tersebut bukanlah berasal dari wilayah Sulawesi Utara, melainkan dari Provinsi lain yang dibawa melalui jalur darat.

“Dari informasi itu, dikembangkan dan didalami lagi, sampai dapatlah informasi bahwa yang melakukan itu, jaringan tersebut atas nama RD inisialnya alias R. Kemudian didalami lagi RD tersebut, diikuti, dimana rumahnya, terus bagaimana cara kerjanya. Jadi, tidak secepat itu ditangkap oleh kita. Masih melalui proses yang panjang, butuh waktu berbulan-bulan,” jelas mantan Kapolres Kepulauan Seribu itu.

“Barang Bukti R4 dan Narkoba Jenis Sabu”

Lanjut Kapolres,”Pasal yang disangkakan terhadap tersangka ini, yaitu Pasal 114 ayat 1 Subsider Pasal 112 ayat 1 dan 2 UU no 35 tahun 2009 tentang Narkotika, yang mana dalam hukumannya itu, penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun,dan pidana denda maksimal, sebagaimana yang dimaksud pada Pasal 1 ditambah sepertiga,” tutupnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Minut AKP Hilman Muthalib SH menambahkan, pergerakan tersangka R sudah lama dipantau, sehingga informasi yang didapat tidak meleset.

“Kami memang sudah cukup lama memantau pergerakan dari target, dan kita sudah melalui pengintaian, pembuntutan dan sebagainya, sehingga informasi yang didapat tidak meleset. Tepat pada hari H, kita berhasil menangkap yang bersangkutan dan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti,” tambah Muthalib.

Diketahui, RD alias R (37) yang berasal dari Kota Palu ini, digrebek Satres Narkoba Polres Minut ketika melintasi jalan raya Maumbi Kecamatan Kalawat pada tanggal 15 Maret 2019 pukul 03:00 WITA. Setelah dilakukan penggeledahan, didapatlah barang bukti narkoba berjenis Sabu sebanyak 10,10 gram dengan nilai Rp30 juta. Barang haram tersebut disembunyikan oleh tersangka R, dalam dashboard dibawah setir mobil minibus jenis Daihatsu Xenia Nomor Polisi DN 1050 UY.

Oleh sebab itu, guna mempertanggung jawabkan perbuatannya itu, tersangka R dijerat Pasal 114 Subsider Pasal 112 ayat 1 dan 2 UU No 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan hukuman pidana seumur hidup atau minimal 6 tahun dan paling lambat 20 tahun penjara. (RK)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.