Apel Gelar Pasukan Gabungan Pengamanan Pemilu 2019 Di Polres Minut Berlangsung Khidmat

MINUT, Goldennews – Dengan mengambil Tema “Tingakatkan Sinergitas TNI-POLRI dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan KAMDAGRI Yang Kondusif”, Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di lapangan Sanika Satyawada Polres Minahasa Utara dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 berlangsung khidmat.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Minut AKBP Jefri Siagian SIK didampingi Kasdim 1310/Bitung Mayor Inf Vino S. Onibala S.Pt, dan sebagai komandan apel oleh Kasat Narkoba AKP Hilman Muthalib SH.

Dalam amanatnya, Kapolres Siagian membacakan Amanat Menko Polhukam.

“Pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 jenis pemilihan dalam waktu bersamaan Pemilu serentak hal ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait Apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pimpinan nasional sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung,” tukasnya.

Lanjut Kapolres,”Tidak saja anggota Partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang objektif dan transparan tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara Pemilu akan tetapi sangat menentukan suksesnya keberlangsungan Pemilu yang dilaksanakan secara langsung umum bebas rahasia jujur dan adil,” terang Kapolres.

TNI – Polri selaku institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu serentak tahun 2019, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya Pemilu serentak 2019.

“Dalam melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 agar seluruh prajurit TNI Polri yang terlibat pedoman seluruh prosedur tetap yang berlaku sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai aturan hukum wujudkan sinergitas antara tni-polri dengan penyelenggara pemilu dan seluruh komponen masyarakat agar setiap permasalahan yang muncul di lapangan dapat dihadapi dikoordinir dikoordinasikan dan dipecahkan bersama, bagi seluruh prajurit TNI-Polri di manapun saudara bertugas di samping melaksanakan tugasnya mengamankan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 saudara-saudara juga harus mampu untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi sehingga tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu dan berita bohong atau hoax yang beredar dan menimbulkan keresahan,” ujar Kapolres.

 

Turut hadir, Sekda Minut Ir Jemmy H. Kuhu, Perwira TNI-POLRI Jajaran Polres Minut dan Kodim 1310/Bitung, Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy, Ketua KPU Minut Stella Runtu, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Masyarakat, para Camat, Lurah dan Hukum Tua serta Tamu undangan. Sedangkan Pasukan yang ikut pada Apel, 1 Pok Perwira jajaran Polres Minut, 1 Kompi Personil Kodim 1310/Bitung, 1 Kompi Shabara Polres Minut, 1 Kompi Satlantas dan Bhabinkantibmas, 1 Kompi Personil Reskrim dan Intelkam Polres Minut, 1 Kompi Linmas dan Ormas Manguni Lovers 123. (RK)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.