Pilihan Golkar Tepat, Survei Jelang Pencoblosan Jerry Sambuaga Lolos ke Senayan

MANADO-Jerry Sambuaga kembali ke DPR RI. Demikian hasil survei sejumlah lembaga kredibel jelang hari pencoblosan 17 April 2019.

LSI Deny JA, satu dari lembaga tersebut sudah merilis dan mengumumkan hasil surveinya. Berdasarkan survei terakhir LSI, Jerry meraup dukungan tertinggi di intern Partai Golkar. Ketua Bappilu Golkar Sulut dan Gorontalo yang saat ini duduk di Komisi 1 DPR RI itu cukup jauh mengungguli calon lainnya di intern Golkar.

Mengacu hasil survei tersebut, Jerry sudah pasti melenggang kembali ke DPR RI mengingat Gollkar memastikan satu kursi. Secara personal, dukungan terhadap Ketua Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta itu di antara enam caleg yang bakal lolos ke Senayan termasuk yang terbesar.

Survei tersebut menandakan kepiwaian DPP Golkar dan DPD Sulut memasang kadernya pada Pileg 2019. Putra mantan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat Theo Sambuaga ini dipasang Golkar sebagai caleg nomor urut 1 dari dapil Sulut untuk DPR RI.

Jerry Sambuaga mendampingi Airlangga Hartarto dan Christiany Eugenia Paruntu pada pelantikan Bappilu PG Sulut (foto: ist)

Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto menyebut Jerry layak diandalkan. “Dia berkompeten karena terus mengupgrade diri. Jerry layak diandalkan dalam rapat-rapat penting atau pertemuan lainnya,” kata Airlangga kepada indoBRITA Group dalam satu kesempatan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Hasil survey ini sendiri disambut kader Golkar dan masyarakat Sulut dengan gembira.“Kami cek hasil survei LSI dan lembaga survei kredibel lainnya juga sama. Jerry jika mengacu ke hasil-hasil survei itu sudah pasti menyegel satu kursi DPR RI,” kata Terry Umboh, aktivis yang juga caleg Partai Golkar untuk DPRD Manado.

Terry sejak awal memang sudah yakin pendiri lembaga konsultan politik The Zoom Strategist Jakarta itu akan meraup dukungan luar biasa dari masyarakat. “Setiap berkunjung ke suatu wilayah, Jerry selalu disambut hangat masyarakat. Semua bangga dengan kiprahnya yang cemerlang di pusat. Jerry menjadi idola baru warga Sulut,” ujar Terry.

Jerry memang idola baru masyarakat Nyiur Melambai. Doktor ilmu politik yang menjadi dosen terbang pada berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia itu dianggap bisa mengangkat citra Sulut.

Maikel Jela, salah satu akademisi Sulut menyebut menunjukkan kualitas putra Sulut yang sesungguhnya melalui performanya yang gemilang saat tampil menjadi narasumber di sejumlah telivisi nasional. “Dia tenang, menguasai masalah dan piawai berdebat. Harus diakui Jerry satu-satunya caleg DPR RI dari Sulut dan bahkan dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang paling sering diundang menjadi narasumber di televisi nasional. Itu bukti kualitasnya dan saya kira membanggakan,” kata Maikel.

Dia berpendapat tingginya elektabilitas dan dukungan yang diperlihatkan berbagai kalangan menandakan adanya perubahan paradigma di tengah masyarakat. “Masyarakat tahu sosok yang pintar, berintegritas dan all-out berjuang di pusat seperti Jerry yang perlu disokong sehingga suara Sulut didengar di pusat. Warga tak mau membeli kucing dalam karung. Mereka sudah tahu kepada siapa kepercayaan itu diberikan,” ungkapya.

Staf pengajar pada salah satu perguruan tinggi swasta ini yakin Jerry akan memberi kontribusi yang baik dalam perjalanan demokrasi Indonesia dan kesinambungan pembangunan di Sulut “Satu ciri khas Jerry adalah ia selalu mempromosikan Sulut di mana pun ia tampil. Dia bangga sebagai orang Sulut dan habis-habisan berjuang buat kepentingan daerahnya,” ucap Maikel.

Sebelumnya sejumlah tokoh masyarakat Sulut juga seperti Ketua DPRD Talaud Max Lua, Ketua Golkar Bolsel Hartina Badu dan Sultan Zulkarnaen sudah menyampaikan keinginannya Jerry akan duduk kembali di DPR RI. “Jerry itu santun, pintar dan merakyat serta rajin. Dia wakil rakyat idaman banyak kalangan. Kami optimistis dia terpilih lagi,” ujar Sultan.(*/ymn)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.