Ketua KPU Sulut : Secara Konstitusional, Belum Ada Caleg Jadi di Sulut

MANADO, Goldennews – Banyaknya klaim  Partai Politik dan juga calon Anggota Legislatif disemua tingkatan, yang menyatakan perolehan suara sudah mencapai kuota dan masuk sebagai calon jadi. Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara Ardiles Mewoh berharap agar semua pihak termasuk calon dan pendukung untuk menghargai proses perhitungan suara manual yang sementara berlangsung.

Menurutnya, mekanisme pentahapan yang dilakukan harus dihargai, sebab dengan melakukan klaim secara sepihak, bisa menimbulkan gejolak karena yang diinformasikan bukan pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum, sebagai pihak yang berkewenangan mensahkan perolehan suara hasil Pemilu.

“Proses rekapitulasi perolehan suara secara berjenjang masih berlangsung, sehingga diharapkan semua pihak dapat menghormati dengan cara untuk tidak mengklaim perolehan suara,dan menyebar luaskan,” terang Mewoh.

Mewoh menuturkan, dengan beredarnya klaim yang dilakukan oleh caleg dan juga Parpol, ini bisa berdampak kurang baik dan bisa memicu gejolak, jika hasil perhitungan KPU secara manual berbeda.

“Diharapkan semua pihak dapat bersabar dan menunggu hasil rekapitulasi yang sementara dilakukan oleh KPU yang nantinya akan diumumkan secara terbuka,” tutur Mewoh.

Sebagaimana diketahui, saat ini ada banyak sekali informasi beredar yang menyatakan soal klaim suara, padahal KPU sendiri belum mengumumkan secara resmi hasil perolehan suara yang didapat oleh calon Anggota Legislatif.

“Secara konstitusional belum ada calon anggota legislatif jadi di Sulut,” ujar Mewoh. (***/RK)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.