Situasi Pemilu Aman dan Damai, TNI/Polri Tuai Pujian Dari Elemen Masyarakat Minut

MINUT, Goldennews – Sinergitas TNI/POLRI dalam pengamanan Pemilu 17 April 2019, mulai dari pendistribusian, pencoblosan hingga pleno KPU Kabupaten, mendapat acungan jempol dan apresiasi dari kalangan masyarakat.

Di Minahasa Utara, Kepolisian Resor (Polres) Minut dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1310/Bitung mendapatkan pujian atas kinerjanya selama melakukan pengamanan pemilu sehingga boleh terlaksana dengan jujur, aman dan damai.

Pujian tersebut antara lain datang dari Sekdakab Ir Jimmy Kuhu MA mewakili pemerintah Kabupaten Minut, Ketua BKSUA Minut Ruben Renggi MTh, Ketua FKUB Minut Sem Kindangen, Ketua MUI Minut Ir Hj Baidlowi Ibnu Hajar, dan bahkan dari saksi parpol serta para Caleg yang saat itu mengikuti rapat pleno rekapitulasi dan penetapan perhitungan suara tingkat kabupaten yang diselenggearkan KPU Minut di Hotel Sutan Raja Kalawat, Jumat (3/5/2019).

“Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, tentunya ibu Bupati, kami menyampaikan banyak terima kasih kepada TNI/POLRI, dimana mulai dari saat pencoblosan, sampai pada perhitungan surat suara dan sampai saat ini. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih, karena sudah berjalan dengan aman dan damai, jujur dan adil, dan NKRI harga mati,” tukas Sekdakab Minut Ir Jimmy Kuhu MA.

Hal serupa juga dikatakan oleh Ketua MUI Minahasa Utara Ir Hj Baidlowi Ibnu Hajar.

“Saya sebagai pribadi, seluruh tokoh masyarakat, tokoh Agama, mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI/POLRI yang sudah melaksanakan tugas secara persuasif, antisipatif, sehingga pelaksanaan pemilu ini bisa berjalan lancar sampai pleno hari ini. Tidak ada gesekan-gesekan berarti, dan kita dapat mensyukuri itu, bahwa pelaksanaan pemilu bisa lancar luar biasa, dan tentu juga peran serta dari masyarakat, sehingga pemilu ini bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Terpisah, saksi pemenangan paslon Capres/wapres 02 Henny Tombeng mengungkapkan bahwa, pengamanan pemilu di Minahasa Utara sangatlah luar biasa.

“Saling ada kerjasama yang baik antara TNI dan POLRI, didalam menjaga amanah yang ada disetiap kecamatan-kecamatan dan juga kabupaten,” ungkap Tombeng.

Tombeng mengatakan, pada prinsipnya pemilu di Minahasa Utara berjalan dengan aman, jujur dan adil.

“Polres Minahasa Utara begitu luar biasa dalam pengamanan pemilu. Bukan hanya anggotanya saja yang melakukan penjagaan, tetapi Kapolres juga terjun langsung dan saya sendiri yang melihatnya. Sungguh luar biasa sekali,” cetusnya.

Sementara itu, Kapolres Minahasa Utara AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian SIK didampingi Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos, Sekda Ir Jimmy Kuhu MA, serta para Tokoh Agama dan Masyarakat Minut, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Minahasa Utara, dari awal pemilu sampai penetapan pleno KPU, bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar.

“Saya, Kapolres Minahasa Utara mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat di wilayah Minahasa Utara ini, yang mana rangkaian kegiatan pelaksanaan pemilu baik pilpres maupun pileg, dari awal hingga hari ini penetapan pleno oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara, dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar dan tidak ada gangguan apapun, jujur dan adil, tidak ada kecurangan,” kata Kapolres.

Kapolres menuturkan bahwa sampai dengan hari ini, wilayah Minahasa Utara aman terkendali, situasi Kamtibmas berjalan dengan aman, serta pelaksanaan kegiatan pleno dari penghitungan suara dari tingkat TPS, kecamatan dan KPU berjalan dengan aman dan tertib.

“Sampai dengan penghitungan suara, hingga penetapan pleno saat ini, TNI dan POLRI masih tetap melakukan pengamanan dilokasi kegiatan ini. Demikian juga, TNI dan POLRI mengamankan tempat penyimpanan logistik pemilu atau kotak suara yang sudah dikumpulkan digudang logistik KPU,” tuturnya.

Ditambahkan Kapolres, untuk pelaksanaan kegiatan pleno di Kabupaten, pihak Polres Minahasa Utara menyiapkan sebanyak 80 personel pengamanan dan di backup dari TNI sebanyak 30 personel.

Selain itu juga, diwaktu dan kesempatan yang sama, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos menyampaikan, TNI siap membackup jalannya tahapan pemilu.

“Intinya, kami dilapangan, TNI dan Polri siap mengamankan setiap kegiatan apapun itu. Tidak ada ceritanya, di Minahasa Utara itu terjadi kekacauan,” terang Dandim.

Sebelumnya, Kapolres Siagian bersama dengan Dandim Kusnandar dan juga Sekda Minut, mendampingi Wakapolda Sulut Brigjen Pol Karyoto serta Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Roberth Giri SIP saat melakukan pengecekan pasukan dan peninjauan rapat pleno KPU. (Ein)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.