Ardiles Mewoh : Jika Situasi Pleno Memungkinkan, Ya Bisa Saja Kita Padatkan

MANADO, Goldennews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Pemilu Tahun 2019, yang tempat pelaksanaannya bertempat di Ball Room Sintesa Peninsula Hotel, Senin (6/5/2019).

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh menjelaskan bahwa waktu pelaksanaan rekapitulasi surat suara di 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara dimulai hari ini dan ditargetkan selesai pada hari Rabu (8/5/2019).

“Untuk pembagiannya, kita sudah atur jadwalnya. Jadi, untuk hari pertama lima kabupaten. Hari kedua, lima kabupaten dan hari yang ketiga, lima kabupaten,” imbuhnya.

Ia (Ardiles, red) menerangkan, jika situasi pleno memungkinkan, rekapitulasi bisa saja dipadatkan.

“Namun, jika situasi pleno memungkinkan, ya bisa saja kita padatkan. Namun, kita tetap memperhatikan, karena ini juga memasuki bulan suci Ramadhan, bagi umat Muslim, menunaikan ibadah puasa. Untuk waktu skors, kemudian waktu mulai lagi, itu juga kita pertimbangkan,” terangnya.

Untuk Kota Manado yang belum selesai pleno, dikatakan Mewoh tetap berjalan dan target sesuai dengan ketentuan paling lambat rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota itu, tanggal 7 Mei 2019 sudah harus selesai.

“Kita lakukan supervisi terus, sambil melaksanakan pleno di provinsi untuk memastikan, rekap di tingkat Kabupaten/Kota untuk juga bisa selesai sebelum waktu yang ditentukan,”ungkapnya.

Mewoh menambahkan, di tingkat provinsi, KPU Sulut melakukan rekapitulasi untuk empat jenis pemilihan, yaitu DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden/Wakil Presiden.

“Tidak ada pembahasan untuk DPRD Kabupaten/Kota,” tambahnya. (Ein)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.