Pantau Pleno KPU Sulut, Onibala : Tingkat Partisipasi di Sulawesi Utara Sangat Tinggi

MANADO, Goldennews – Hari kedua pelaksanaan kegiatan pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara yang diselenggarakan KPU Sulut di Sintesa Peninsula Hotel yang dimulai dari hari kemarin hingga sampai saat ini Selasa (7/5/2019), Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), terus melaksanakan pemantauan.

Kaban Kesbangpol Provinsi Sulut Drs Meki Onibala MSi menuturkan bahwa dari awal kegiatan, proses rekapitulasi berjalan dengan baik meskipun ada interupsi dari saksi-saksi, tetapi semuanya bisa diselesaikan.

“Saya yakin ini bisa berjalan dengan apa yang diharapkan. Rencanaya besok sudah selesai. Jadi, kita berdoa saja supaya rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat provinsi Sulawesi Utara ini akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” tuturnya.

Tingkat capaian partisipasi masyarakat Sulawesi Utara dalam pelaksanaan Pemilu 2019, sangat tinggi.

“Saya kira, tingkat partisipasi di Sulawesi Utara ini sangat tinggi, luar biasa. Capaian partisipasi di masing-masing tingkat kabupaten/kota sangat tinggi. Kurang lebih mungkin 90 persen di Sulawesi Utara. Oleh karena itu, menjadi catatan yang luar biasa,” ujar mantan penjabat Bupati Minsel ini.

Menurut Onibala, Sulawesi Utara dibawah pimpinan OD-SK berkoordinasi dengan Forkopimda Sulut serta Kabupaten/Kota, tingkat keamanannya berjalan dengan baik dan sangat luar biasa.

“Kemarin juga, dari Kapolda, Pangdam, pak Wakil Gubernur mengikuti secara langsung pembukaan sampai dengan penghitungan beberapa kabupaten/kota,” pungkasnya.

Dikatakan Onibala, pengamanan yang dilakukan oleh TNI/POLRI dalam pleno rekapitulasi KPU Sulut, sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP).

“SOP mereka, saya lihat sangat baik. Saya sendiri pun berapa kali diperiksa oleh Polisi, dan ini menunjukkan perlu ada pengamanan dalam arti menjaga semua supaya kita tidak was-was dan sampai hari kedua ini, berjalan dengan baik,” ujar Onibala. (Ein)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.