Ketua KPU Sulut Tutup Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

MANADO, Goldennews – Tahapan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat provinsi Sulawesi Utara pemilihan umum tahun 2019, tuntas sudah.

Berjalan dengan aman dan damai, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh menutup seluruh rangkaian kegiatan sekaligus mengesahkan rekapitulasi hasil pemilihan Presiden/Wapres, DPR RI dan DPD serta menetapkan hasil pemilu anggota DPRD Provinsi berdasarkan berita acara rekapitulasi.

“Dengan memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas nama KPU Sulawesi Utara, maka saya mengesahkan hasil rekapitulasi pemilihan Presiden dan wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah serta menetapkan hasil pemilu anggota DPRD Provinsi berdasarkan berita acara rekapitulasi,” cetus Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh sambil mengetuk palu tiga kali saat memimpin pleno.

Ardiles menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan tersebut, dari awal hingga akhir penutupan pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara.

“Kami, menyampaikan banyak terima kasih kepada bapak ibu sekalian, anggota KPU Sulawesi Utara, Bawaslu Sulawesi Utara, saksi 01 dan 02, saksi partai politik peserta pemilu, saksi anggota Dewan Perwakilan Daerah, KPU Kabupaten/Kota, seluruh undangan FKPD,” terang Ardiles.

Lanjutnya (Ardiles, red),”Terutama kami juga tentunya menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran TNI/Polri yang sejak awal penyelenggaraan pleno, terus melakukan pengamanan, sehingga tentu kita semua boleh merasa aman dan nyaman dalam menyelenggarakan pleno,” ucap Ardiles.

Tidak lupa juga Ardiles mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan media massa yang selalu terbuka dan transparan dalam informasi kepada publik.

“Kami juga menyampaikan banyak terima kasih kepada rekan media massa, Pers, yang dari awal sampai hari ini, itu selalu secara terbuka dan transparan meneruskan informasi kepada publik terkait dengan proses pelaksanaan pleno tingkat Provinsi Sulawesi Utara, terima kasih juga kepada jajaran KPU Sulawesi Utara dan seluruh staf sekretariat yang sepanjang pleno rekapitulasi terus mendukung kami, sehingga boleh berjalan dengan baik,”ujar Ardiles.

Sebelum menutup kegiatan pleno, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah ikut mensukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Sekali lagi, kami KPU Sulawesi Utara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi kita semua, mudah-mudahan apa yang telah kita laksanakan ini, itu semua tentu menjadi usaha kerja keras kita bersama demi kemajuan daerah Sulawesi Utara, demi kemajuan demokrasi di negara yang kita cintai ini,” tukas Ardiles.

Terkait dengan laporan-laporan, Ardiles mengungkapkan bahwa KPU sangat menghormati dan menghargai apabila ada Parpol peserta pemilu atau siapapun dia yang merasa tidak puas dengan hasil.

“Sesungguhnya kami mengimbau bahwa inilah suatu kontestasi politik kan, pasti ada yang menang ada yang kalah. Tentu, kita sekali lagi menghormati dan menghargai jika ada yang keberatan dengan hasil yang sudah kita tetapkan, tentu ada jalur-jalur yang disediakan negara, oleh hukum, undang-undang, ya tentu itu cara terbaik untuk menyelesaikan persoalan terkait dengan hasil pemilu,” ungkap Ardiles.

Diakhir kegiatan, dilakukan penandatanganan dan juga penyerahan berita acara rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara oleh Ketua KPU Sulut kepada Bawaslu serta para saksi baik Presiden/Wapres, DPD dan Parpol. (Ein)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.