Bulan ini jalur dagang Bitung-Davao-Vietnam dibuka, ini permintaan Olly Dondokambey

Pelabuhan petikemas Bitung. (ft ist)

Manado – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam akun Facebooknya menulis bahwa dalam waktu dekat akan kembali beroperasi jalur laut Bitung-Davao. Bahkan, jalur dagang tersebut akan tembus hingga Negara Vietnam.

“Selamat Pagi, rencana tanggal 17 Juni jalur dagang Bitung-Davao-Vietnam sudah bisa beroperasional kembali. Mari kita doakan agar bisa berjalan dengan baik. #ollydondokambey,” tulis Gubernur Olly di akun Facebooknya, Senin (10/6/2019) pukul 11.04 WITA.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw membenarkan jalur dagang Bitung-Davao-Vietnam akan dibuka.

“Sekarang mau dibuka dengan kapasitas lebih kecil 200 teus. Ya, lagi pembahasan rencana berangkat dari Davao tanggal 15 Juni 2019. Kemungkinan sampai di sini (Bitung, red) tanggal 17 Juni,” beber Karouw saat dikonfirmasi wartawan via telepon genggam, Senin (10/6/2019).

Ia pun mengimbau para pengusaha lokal untuk memanfaatkan jalur dagang tersebut.

“Untuk saat ini kami sementara negosiasi tentang biaya angkut,” sambung Karouw.

Karouw membeberkan komoditi yang biasa dikirim ke Filipina, yaitu kopra dan jagung.

“Untuk sekarang Filipina meminta antara lain buah-buahan. Mudah-mudahan dengan adanya jalur dagang itu semakin membuka kesempatan pengusaha daerah untuk melakukan ekspor langsung ke luar negeri,” terangnya.

Dengan jalur tersebut, selain memangkas waktu tempuh pastinya biaya angkutan juga lebih murah.
“Sudah tidak perlu lagi lewat Jakarta atau Surabaya. Sudah bisa langsung ke luar negeri. Ya, mudah-mudahan itu bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (LeKa)

Author: Leriando Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.