Pilkada Manado 2020: Demokrat dan Golkar sudah punya kandidat, parpol lain?

Manado – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Manado baru akan dilaksanakan pada September 2020 mendatang.

Sederetan tokoh mulai digadang-gadang akan maju sebagai bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2021-2026.

Berdasarkan informasi yang dirangkum media ini, baru dua partai yang memiliki kandidat untuk dicalonkan. Kedua partai tersebut yakni Golkar dan Demokrat.

Partai Golkar hampir dipastikan mengusung Jimmy Rimba Rogi, mantan Walikota Manado yang akrab Jimbaro atau Imba.

Hal itu dibuktikan dengan peryataan ketua DPD I Partai Golkar Sulut, Christiany Eugenia Paruntu (CEP) beberapa waktu lalu.

“Sebagian besar masyarakat dan kader Golkar di Manado sangat menginginkan pak Imba mencalonkan diri 2020 mendatang. Karena, dedikasi beliau sangat dinanti oleh masyarakat Kota Manado yang pernah merasakan program-program pak Imba,” seru CEP.

Sementara Partai Demokrat, Harley Mangindaan atau Bang Ai yang merupakan putra ketua DPD I Demokrat Sulut, Evert Ernest Mangindaan.

“Sudah pasti Bang Ai. Siapa lagi figur terbaik yang ada saat ini di Demokrat, selain Ai. Setidaknya, Ai sudah memiliki modal 60 ribu suara pada Pikada 2016 lalu,” ungkap salah satu pengurus DPD Demokrat Sulut yang meminta namanya tidak dipublis.

PDIP selaku partai pemenang Pileg 17 April lalu, masih belum jelas siapa yang akan diusung. Sejumlah nama seperti James Sumendap, Royke Roring, Andrei Angouw, Richard Sualang dan Cristiano Tamumepa yang diwacanakan maju dari partai berlambang kepala banteng itu.

Sedangkan Partai Nasdem yang merupakan peraih suara ketiga terbanyak, belum memperlihatkan tanda-tanda siapa yang akan dijagokan dalam Pilkada Manado.

“Siapa calon Walikota dan Wakilnya belum ada. Untuk menentukan siapa akan diusung pastinya harus ditentukan melalui serangkaian prosedur diinternal partai. Kita lihat saja nanti siapa yang akan dicalonkan,” ujar wakil ketua DPD Partai Nasdem Kota Manado, Arthur Rahasia. (LeKa)

Author: Leriando Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.