Pilkada Manado 2020: Demokrat-Nasdem akan berkoalisi jika hal ini terjadi

Ilustrasi koalisi Demokrat dan Nasdem di Pilkada Manado

 

Manado – Menjelang dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Manado pada September mendatang, sejumlah partai politik mulai mempersiapkan diri menyambut pesta demokrasi tersebut.

Selain PDIP yang merupakan partai pemenang Pileg 17 April lalu dengan perolehan 10 kursi di DPRD Kota Manado, sehingga dapat mengusung calon sendiri, partai politik lainnya perlu menjalin koalisi jika hendak mengusung calon Walikota dan Wakil Walikota periode 2021-2026.

Kabar terbaru, Partai Demokrat yang hanya memperoleh 6 kursi dan Partai Nasdem 5 kursi hasil Pileg, berpelung besar untuk berkoalisi.

Sumber diinternal Partai Demokrat membeberkan, kemungkinan koalisi akan terjadi ketika pada pelantikan anggota DPRD Provinsi Sulut pada 11 Agustus 2019 mendatang, partai berlambang bintang mercy  menunjuk putra ketua DPD Partai Nasdem Kota Manado sebagai ketua Fraksi Demokrat.

“Bisa-bisa Ivan Lumentut yang ditunjuk Demokrat sebagai ketua Fraksi di dewan Sulut. Jika itu benar terjadi, bisa dipastikan Nasdem akan berkolisi dengan Demokrat di Pilkada Manado,” ujar kader Demokrat Sulut yang meminta namanya tidak dipublis.

Lanjut sumber berita ini, meski sejumlah kader Demokrat hengkang mengikuti jejak Vicky Lumentut berpindah ke Nasdem, bukan berarti Demokrat akan memusuhi partai besutan Surya Paloh, sehingga koalisi itu sulit terwujud.

“Kalau mau lihat sosok ketua DPD Sulut kami, pak EE Mangindaan, orangnya tidak pendendam. Jadi bukan tidak mungkin Ivan yang ditunjuk Demokrat sebagai ketua fraksi. Karena Demokrat melihat prestasi perolehan suara yang dicapai Ivan pada Pileg lalu. Dan saya pun sangat yakin akan hal itu,” ungkap sumber yang mengaku belum saatnya mempublis siapa dia sebenarnya. (LeKa)

Author: Leriando Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.