Komplotan Pencuri Sapi di Bekuk Polsek Dimembe, Satu Orang Buron

MINUT, Goldennews – Tujuh dari delapan tersangka pencurian sapi di Desa Laikit Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara, berhasil dibekuk anggota Polsek Dimembe, Selasa (11/6/2019) kemarin. Seorang diantaranya adalah perempuan.

Penangkapan berawal dari laporan warga tentang terjadinya tindak pidana pencurian satu ekor sapi betina berwarna merah berumur sekitar empat tahun, milik dari Abigael Dungus yang diikat di perkebunan Desa Laikit Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara.

Informasi yang didapat bahwa, ada residivis pencuri sapi bernama FR alias Fitri (49) bersama dengan rekannya PP alias Piter (33) sedang berada dirumah keluarganya Fitri di Desa Laikit.

Tim pun mendatangi rumah tersebut, dan tanpa perlawanan, FR dan PP yang lagi asik minum kopi, dibawa ke Mapolsek Dimembe untuk dimintai keterangan terkait pencurian sapi yang terjadi di Wilayah Dimembe, khususnya di Desa Laikit.

Dari hasil pengembangan, terungkap bahwa benar Fitri dan PP bersama keempat rekannya yang melakukan pencurian tersebut dan dua orang lainnya sebagai penadah alias pembeli.

“Berdasarkan hasil pengembangan, terdapat delapan orang tersangka beserta dengan identitasnya. Saat itu, tim bergerak langsung menyisir alamat para tersangka. Dari delapan tersangka, tujuh orang berhasil diamankan,” ungkap Kapolsek Dimembe AKP Edi Susanto S. Sos, Rabu (12/6/2019).

Ternyata, bukan hanya di Desa Laikit saja yang menjadi target operasi para komplotan pencuri ini. Sebelumnya, di Desa Klabat, Desa Paniki Atas, Desa Wusa, Desa Werot, Perum Suzuki Desa Watutumouw, lokasi By Pass Kauditan, Kelurahan Tongkaina, Karpet Biru, Desa Warembungan, Kelurahan Bailang, Amurang ada tiga TKP, dan Kelurahan Kumersot telah dilakukan pencurian.

Dikatakan Kapolsek, dalam melakukan pencurian, para tersangka sering berganti-ganti orang dan kendaraan, dan melancarkan aksinya pada malam hari.

Akibat ulahnya, ketujuh tersangka yang berhasil diamankan tersebut, dikenakan Pasal 363 ayat 1 ke 1e, 3e, 4e KUHP sub 362 KUHP tentang pencurian hewan.

“Satu orang lainnya buron dan masih dalam pengejaran. Hukuman penjara, lima tahun sampai tujuh tahun,” ujar Kapolsek.

Berikut nama para tersangka pencuri sapi beserta dengan penadah yang berhasil ditangkap dan juga barang bukti.

– Tersangka (Eksekutor Lapangan)
1. FR alias Fitri (49), Alamat Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken (Residivis)
2. PP alias Piter (33), Alamat Desa Lopana 1 Kecamatan Amurang Timur
3. SA alias Opal (27), Alamat Desa Kawangkoan Baru Kecamatan Kalawat (Residivis)
4. FP alias Adi (24), Alamat Desa Paniki Atas Kecamatan Mapanget
5. DS alias David (25), Alamat Desa Kolongan Tetempangan (Koltem) Kecamtan Kalawat
6. VR alias Vera (35), Alamat Desa Kawangkoan Baru Kecamatan Kalawat
7. RG alias Ade (35), Alamat Kelurahan Singkil 1 Lingkungan VI Kecamatan Bunaken (Pembeli/Tadah)

– Barang bukti :
1. Lima (5) buah HP Merk Samsung, Oppo dan Nokia
2. Satu (1) unit mobil Mitsubishi pick up warna putih DB 8845 LD (Mobil sewa)
3. Satu (1) unit Toyota Sigra (Mobil sewa) akan disita
4. Satu (1) unit Daihatsu Terios (Mobil sewa) akan disita
5. Tali bekas ikatan sapi ditemukan di pekarangan rumah RG alias Ade (Pembeli/Tadah)

Diketahui bersama bahwa, satu orang tersangka lainnya berinisial MK alias Maikel, alamat Kelurahan Taas Kecamatan Tikala (Pembeli/Tadah) masih buron dan saat ini, dalam pengejaran pihak kepolisian. (Ein)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.