AS investasi 700M di Sulut, Olly minta Dubes datangkan banyak investor

Peresmian budidaya ikan lepas pantai. (ft ist)

 

Manado – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan, Jr meresmikan investasi budidaya ikan lepas pantai senilai Rp700 miliar yang digelar di Manado, Selasa (17/6/19) siang tadi.

Peresmian investasi tahap awal budidaya ikan jenis amber jack milik perusahaan Forever Oceans ini dihadiri langsung CEO Forever Oceans Corporation Jason Heckathorn, Sekdaprov Edwin Silangen dan Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Mark McGovern. Rencananya, budidaya ikan lepas pantai ini berlokasi di perairan Likupang atau perairan Manado.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menyatakan optimis kehadiran Forever Oceans di Sulut semakin memantapkan peran sektor kelautan dan perikanan dalam mendukung upaya peningkatan perekonomian Sulut.

“Saya berterima kasih karena baru kali ini ada investasi bernilai besar dari Amerika Serikat. Saya percaya perusahaan besar seperti Forever Oceans mempunyai akses permodalan, sumber daya manusia, teknologi dan pasar yang baik. Ini akan membawa perubahan kepada industri perikanan di Sulawesi Utara,” kata Olly.

Lanjut dia, di era sekarang adalah sebuah masa dimana kerjasama dan kemitraan pemerintah dan pihak swasta merupakan kunci untuk melakukan lompatan dalam menggapai perubahan ke arah yang lebih baik.

“Saya berharap instansi di Sulawesi Utara khususnya Dinas Kelautan Perikanan dapat memberikan dukungan penuh kepada Forever Oceans,” ungkapnya.

Lebih jauh, Olly berharap kepada Dubes AS Joseph Donovan, Jr dapat mendatangkan investor lainnya untuk berinvestasi di Sulut.

“Saya harap Pak Dubes bisa mengajak investor lainnya ke sini. Banyak potensi yang bisa dikembangkan di Sulawesi Utara,” pesan Olly.

Sebelumnya, CEO Forever Oceans Jason Heckathorn mengatakan investasi yang dilakukan pihaknya di Sulut akan melibatkan tenaga kerja lokal.

“Investasi kami di sini berlangsung dalam jangka panjang. Forever Oceans juga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Sulawesi Utara,” tutur Heckathorn.

Sementara itu, Dubes AS Joseph Donovan, Jr mengatakan, peresmian investasi Forever Oceans ini menandai perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat. Ia pun yakin kedepannya ada perusahaan lainnya yang berinvestasi di Sulut.

“Investasi ini memperkuat hubungan bisnis dan masyarakat Sulawesi Utara dengan Amerika Serikat. Saya optimis lebih banyak lagi investasi dari Amerika Serikat yang masuk ke sini,” kata Donovan. (LeKa)

Author: Leriando Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.