Pilkada Manado 2020: Calon Walikota harus kaya solusi dan paham 3 hal ini

Syarifudin Saafa

Manado – Politisi PKS, Syarifudin Saafa menilai, saat ini belum figur tertentu yang dipastikan maju sebagai calon Walikota Manado periode 2021-2026.

“Semuanya baru sebagai bakal calon. Dikatakan calon kalau sudah ada surat keputusan yang ditandatangani DPP partai pengusung,” kata ketua PKS Sulut ini.

Selain itu, anggota DPRD Manado itu berpendapat, untuk menjadi seorang kepala daerah harus memiliki segudang program yang merupakan solussi dari berbagai persoalan yang saat ini dihadapi masyarakat.

“masalah besar yang saat ini ada di Manado yakni persoalan banjir, sampah dan kemacetan, pasar, fasilitas publik, air bersih, lingkungan, infrastruktur dan sebagainya. Seorang calon harus memiliki solusi atas persoalan-persoalan itu,” ujar Saafa.

Lebih lanjut diungkapkannya, setiap calon Walikota juga harus memahami 3 hal yang berkaitan dengan tata kelola pemerintahan dalam membangun Kota Manado ke arah lebih baik.

“Terpenting, seorang calon harus memahami tata ruang. Karena arah pembangunan dan investasi pijakkannya disitu. Begitu juga paham RPJPD (rencana pembangun. jangka panjang daerah) yang berlaku 30 tahun dan hal ketiga calon kepala harus paham soal penyusunan APBD. Kalau tidak paham atas tiga hal itu, bagaimana seorang walikota nantinya memimpin daerah ini,” pungkasnya. (LeKa)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.