Seleksi IPDN, Tendean : Kuota Yang Diberikan Oleh Pusat, Sebanyak 48 Praja

MANADO, Goldennews – Tahapan pertama Seleksi calon Praja IPDN tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Utara, sudah memasuki capaian ribuan pendaftar sekitar 1045 orang, sedangkan kelulusan registrasi hanya 974 pendaftar. Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), banyak yang gugur.

Direktur IPDN Sulut Dr Noudy Tendean MSi mengatakan, formasi secara Nasional ada pada angka 1700 calon  praja, sedangkan untuk Provinsi Sulut kuota yang diberikan oleh pusat sebanyak 48 praja dari hitungan formasi Kementerian PAN-RB berdasarkan rumusan seperti jumlah penduduk dan lain sebagainya.

“Yang telah mendaftarkan diri sebanyak 1045 peserta. Tapi kemudian, yang telah di registrasi tahap pertama tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) itu hanya 974 orang dan yang lulus seleksi untuk tahap pertama ini hanya 76 orang yang nilainya diatas passing grade,” kata Tendean, Senin (1/7/2019) di Grand Kawanua International City (GKIC) Manado.

Lebih lanjut dijelaskan Tendean, 76 orang ini nantinya akan maju ketahap dua (2) yakni tes kesehatan di Rumah Sakit Wolter Monginsidi teling dan yang lolos berhak maju ketahap tiga (3) yaitu Psikotes. Setelah memenuhi syarat, yang bersangkutan akan ke Jatinangor untuk seleksi kesamaptaan kemudian wawancara.

“Jadi, seleksi tingkat daerah ada tiga tes dan dua tes untuk tingkat pusat,” jelas Tendean.

Tendean mengungkapkan, progress formasi tahun ini mengalami penurunan dibanding penerimaan sebelumnya sekitar dua ribuan, karena formasi ini diperhitungkan melalui formasi CPNS.

“Makanya Kementerian Dalam Negeri tidak lagi melakukan perekrutan atau penerimaan CPNS murni tingkat SMA karena sudah diperhitungkan di calon Praja IPDN,” ungkapnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat, jangan mudah percaya dengan informasi-informasi palsu yang mengatasnamakan IPDN.

“Kalau bisa, cari tau siapa yang memberi infomasi-informasi palsu atau memberi janji-janji meminta imbalan yang mengatasnamakan IPDN segera laporkan. IPDN tidak memberi informasi melalui perorangan, kecuali lewat Website Resmi IPDN,” imbau Tendean. (Ein)

Author: Tim redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.